Sabtu, 16 Februari 2013

Tahukah Sahabat..

CVT (Continuous Variable Transmission)  merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. secara sederhana CVT terdiri atas pulley primer,v-belt dan pulley sekunder, nah di dalam sistem kerja 3 komponen CVT tadi tidak boleh terkena oli,minyak atau air karena kalo terkena minyak, oli atau pun air bisa menyebabkan selip. Loh kan itu komponen bergerak apa itu gk perlu pelumas biar awet?? kalo gk boleh kena oli atau minyak trus pelumasannya pake apa??..
Maka dari itu sahabat, karena ini merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet. Greasenya pake grease khusus, soalnya kalo pake grease biasa bisa2 mencair terkena panas dari mesin.
Karena ini pelumas dan fungsinya sangat penting, maka perlu dilakukan penggantian secara periodik yaitu setiap 10.000-20.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah kok, tapi sahabat kalau gk mau repot silahkan mampir ke bengkel kami. Pastikan tidak ada kebocoran di daerah CVT, karena sil-sil tersebut berfungsi untuk menahan agar grease/stempet agar tidak tumpah keluar. Dan apabila sil nya ada yang bocor/rusak sebaiknya dilakukan penggantian, karena kalo tidak di ganti bisa2 grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka grease/vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier /kopling ganda dan rumah kopling ganda sehingga bisa bikin selip kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan matic awal nya akan terasa endut-endutan kalo di pake di jalan. Salam Sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar